DEFINISI
WEB SCIENCE
Pengertian , Sejarah dan Perkembangan Web Science
* Pengertian Web Science
Web science adalah ilmu pengetahuan untuk membuat dan
memanipulasi web. Web adalah kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi
berupa gambar, animasi, tulisan, suara maupun gabungan dari keseluruhannya yang
bersifat statis atau dinamis yang dapat membentuk rangkaian yang saling terkait
yang dihubungkan dengan banyak link. Science adalah ilmu pengetahuan yang
didapat dan bisa menjadi pengetahuan bagi masyarakat untuk memberi informasi
yang akurat. pada awalnya sebuah usaha bersama antara MIT dan universitas
southtamton yang menghubungkan aspek sosial dengan aspek teknik di dalam WWW
(world wide web).
pada tahun 2006 MIT sebagai Web Science Research
Initiative (WSRI) atau sebuah lembaga yang bergerak di bidang penelitian
web.kemudian di tahun 2009 berganti nama menjadi the Web Science Trust..
Lalu tim Berners-Lee sebagai pemimpin dari program penelitian terebut bermaksud
menarik pemerintah dan swasta terlibat dalam pembuatan kurikulum sebagai syarat
untuk lulus sebagai sarjana.
Tujuan dari web science
adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengetahui source code dari web
itu sendiri dan bagaimana kita dapat memanfaatkan web tersebut untuk melakukan
hal yang positif.
* Sejarah Singkat tentang Web :
Di awal tahun 1980 telah dikenal sebuah teknologi informasi dan komunikasi
khususnya dalam bidang website. Pada tahun itu sangat membantu dalam komunikasi
antar manusia di dunia karena dalam website tersebut user bisa melihat
informasi yang ditampilkan oleh pemilik website. Informasi yang berupa tulisan
dapat diakses dari seluruh dunia.
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim”
Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN).
Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di
internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama
diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs
http://info.cern.ch/
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer.
Karena pada awalnya tampilan web masih sangatlah sederhana, hanya menampilkan
teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan
nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses
melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang
dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui
jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi,
laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah
sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan
pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan
sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang
diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak
yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah
Microsoft Internet Information Services (IIS).
* Perkembangan Web :
a. Web 1.0
Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang
sedikit interaktif. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read. Kira-kira
pada Tahun 1997 sudah semakin berkembang untuk tampilan sebuah website. Jika
tahun sebelumnya hanya dapat menampilkan tulisan saja maka gambar pun bisa
tertampil di halaman website. Seperti contoh website google.com di tahun
1997-1998 dimana tulisan google yang tertera di halamannya bukan sekedar
tulisan yang diketik melainkan sebuah gambar yang menggunakan tulisan sebagai
ikon utamannya.
Tahun 1998, Google berdiri dan internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di
kala itu potensi website dengan format portal berita dan toko online (seperti
amazon.com) di lirik besar-besaran oleh investor. Di US, dana jutaan dollar
diinvestasikan untuk masuk ke bidang online yang sayangnya, tidak semua website
dengan modal jutaan dollar tadi dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000,
gelembungan dana (bubble) yang masuk ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk
tidak berputar kembali menjadi keuntungan.
Jadi pada Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai
pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran
lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada
web ini masih berupa HTML saja.
b. Web 2.0
Banyak perusahaan online tumbang di masa DotCom Bubble burst, namun banyak juga
yang bertahan. Google, Yahoo, Amazon dan eBay adalah beberapa diantaranya.
Kehancuran selalu menyisakan pemain berkualitas yang bertahan. Dari keruntuhan
DotCom Bubble burst tersebut, wajah world wide web perlahan mulai berubah.
Di tahun 2001, wikipedia di luncurkan. Apple mendirikan iTunes. Di tahun 2002,
friendster di luncurkan. Perlahan, world wide web mulai di huni oleh website –
website dengan karakteristik yang berbeda dengan website – website yang eksis
sebelum dotcom bubble burst. Website website tersebut memiliki satu ciri
mencolok bernama partisipasi sehingga pada tahun 2003, istilah web 2.0 muncul
Istilah web 2.0 tidak mengklasifikasikan world wide web berdasarkan
teknologinya, namun berdasarkan karakter website tersetbut. Istilah web 2.0
juga memunculkan istilah web 1.0: Satu istilah untuk era sebelum web 2.0
Pada garis besarnya, web 2.0 berbicara mengenai partisipasi. hubungan
komunikasi many-to-many. Jika pada era web 1.0 (era sebelum web 2.0, dari 1990
hingga 2001) pengguna internet dengan mudah membrowse internet, namun pengadaan
konten di internet masih ‘dikuasai’ oleh para geek yang menguasai bahasa HTML
untuk membuat halaman web. Komunikasi yang terjadi pun hanya satu arah: dari
pemilik website ke pengunjungnya. Pada era web 2.0, pengadaan konten di
internet tidak lagi dikuasai oleh geek. Website – website yang digolongkan ke
dalam kategori web 2.0 (kita akan menuliskan lebih rinci tentang web 2.0 di
tulisan selanjutnya) memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan
konten mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service
seperti wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll.
Komunikasi pun terjadi secara dua arah, dimana pengunjung web juga bisa
memberikan informasi.
Web 2.0 muncul dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan
memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Kelebihan dari web ini adalah sebagai berikut (menurut O’Reilly media):
* The Web as Platform (Pengerjaan suatu aplikasi/tulisan dapat langsung
dikerjakan di media internet tanpa harus mengerjakannya terlebih dahulu di
windows desktop)
* Harnessing Collective Intelligence (Web 2.0 memiliki kinerja untuk
memanfaatkan tulisan orang lain untuk mengisi konten web secara kolektif (tidak
hanya webmaster yang mengisi konten sendiri), contohnya seperti youtube)
* Data is the Next Intel Inside (merupakan suatu garansi kepercayaan dari para
pemberi data kepada pemilik website bahwa pada era web 2.0 data sangatlah
penting dan harus di update setiap waktu)
* End of the Software Release Cycle (pada web 2.0 aplikasi software dapat
langsung digunakan lewat internet/internet menjadi platform menjalankan
program)
* Lightweight Programming Models (pembuatan web 2.0 menggunakan bahasa yang
ringan dan mendukung pengembagan program).
Perkembangan sumber daya manusia yang semakin hari semakin berkembang, tak
urung dalam peningkatan di bidang website pun semakin meningkat. Boleh
dikatakan bahwa website di era ’80 an merupakan website 1.0 dan di era sekarang
merupakan website 2.0. Lalu apa yang membedakan antara website 1.0 dengan
website 2.0 ? Kalau kita lihat ada banyak sekali perkembangan yang terjadi. Misalnya
saja kalau jaman dahulu di website 1.0 user hanya bisa melihat informasi saja,
kalau di jaman sekarang website 2.0 kita user bisa berkomunikasi dengan lebih
fleksibel.
Sedangkan letak perbedaan Web 1.0 dan Web 2.0 yaitu :
1. Perilaku pengguna Membaca (Web 1.0) Menulis
2. Pelaku utama Perusahaan Pengguna/Komunitas
3. Hubungan dengan server Client-server Peer to peer
4. Bahasa pemrograman penampil konten HTML XML
Kemudian kita akan membahas tentang pre- web....
Pre Web
Pre-web adalah era dimana prototype seperti HyperText,
Internet, Usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi
internet. Internet sendiri adalah tempat dimana web muncul pertama kalinya ke
publik sampai saat ini.
- HyperText
Hypertext adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk
membuat sebuah halaman web,menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah
Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas
format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan
kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata
dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan
perintah-
perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di
dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized
Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk
menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan
dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
- Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Networking
yang artinya seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan sistem
global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai
protokol pertukaran paket (Packet Switching Communication Protocol) untuk
melayani pengguna di seluruh dunia ini menurut
[Wikipedia].
Untuk mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini harus menggunakan
protokol yaitu TCP (Transmission Control Protocol) yang bertugas untuk
memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet
Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP
secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute
alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan
paket-paket pengiriman data.
Jika melihat dari sejarah perkembangannya, Internet merupakan jaringan komputer
yang dibentuk oleh Departemen Amerika pada tahun 1969 melalui proyek ARPANET
(Advanced Research Project Agency Network) di mana mereka menampilkan bagaimana
hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan
komunikasi dalam jarak yang sangat jauh melalui saluran telepon.
- Usenet
Singkatan dari user network, merupakan salah satu
jaringan tertua yang dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke
University ditahun 1979 dan dikembangkan pada Duke University dan
North Carolia University setahun kemudian, tujuan utama dari USENET adalah
untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang
terhubung pada jaringan). USENET telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam
forum dan juga newsgroup, dalam jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
- FTP(File
Transfer Protocol)
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling
awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan download
dan upload berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.
Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer
antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta
mengunduh berkas dari server FTP.
- Gopher
Gopher adalah, Program berbasis
teks yang digunakan untuk mem-browser daftar menu Internet pada berbagai server gopher. Pengertian Gopher dari sumber lain adalah suatu aplikasi
perangkat lunak yang tesusun atas beberapa menu sistem pencarian dan penemuan
kembali.
Manfaat Aplikasi Gopher ini adalah user
tidak perlu mengetahui alamat yang khusus pada komputer yang akan di akses.
Gopher sendiri merupakan sistem yang memungkinkan para pengguna internet dapat mengakses berbagai situs. Selain itu
Gopher yang merupakan sistem dengan otomatisasi dimana pemakai dapat mengakses
informasi dengan menggunakan hirarki.
Pertumbuhan
Sosial dan Ekonomi
Pertumbuhan
social pada era
globalisasi kini berkembang begitu cepat, terutama di Negara Indonesia, banyak
sekali anak muda saat ini lebih memanfaatkan kecanggihan teknologi baik dalam
bidang social untuk berkomunikasi secara individu atau berkelompok.
Sekarang pertumbuhan
ekonomi pun kian menaik begitu cepat, semenjak era globalisasi ini
orang-orang lebih mementingkan kebutuhan hidupnya dengan barang-barang
teknologi yang begitu canggih dan mampu menjawab setiap kebutuhan baik itu
tuntutan bidang pekerjaan, pendidikan, maupun bisnis dikalangan manapun.
Hal inilah
dampak dari era globalisasi , kebudayaan tradisional semakin menurun, dan
modernisasi menjadi semakin meningkat, namun upaya kita adalah bagaimana
caranya menggabungkan keduanya itu supaya bermanfaat bagi kalangan manapun yang
membutuhkannya.
- ARSITEKTUR WEB dan APLIKASI
UTAMA
Arsitektur Web merupakan perancangan yang tersturktur dari
sebuah web dimana berfungsi untuk menyusun informasi yang tepat agar
mudah saat menemukan isinya. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi dari arsitektur
web antara lain yaitu, navigasi, visual, form, interface, interaksi.
Jadi
arsitektur Website itu merupakan berupa ilmu atau cara untuk membuat suatu
karya menjadi lebih bagus atau memiliki nilai estetika.
Adapun
konsep yang berada dalam sistem web yaitu :
a. Arsitektur teknologi informasi merupakan rencana aset informasi dalam sebuah
organisasi.
b. Infrastruktur teknologi informasi merupakan fasilitas komponen dari :
– Fisik teknologi informasi
– Layanan teknologi informasi
– dan personil teknologi informasi
Aplikasi
Utama Arsitektur Web
Ada beberapa
apliaksi utama dari arsitektur web yaitu :
a. Hyper text transfer protocol (HTTP)
Singkatan dari Hypertext Transfer Protocol, yang mana adalah suatu
protokol yang digunakan oleh World Wide Web. HTTP mendefinisikan bagaimana
suatu pesan bisa diformat dan dikirimkan dari server ke client.
HTTP juga mengatur aksi-aksi apa saja yang harus dilakukan
oleh web server dan juga web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang
ada pada protokol HTTP ini. Sebagai contoh, ketika Anda mengetikkan suatu
alamat atau URL pada internet browser Anda, maka sebenarnya web browser akan
mengirimkan perintah HTTP ke web server..
b. Hyper
text markup languange (HTML)
(Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa
markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan
menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari
sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan
yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup
Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas
untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang
didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium
(W3C)..
c. Internet
merupakan sebuah jaringan komputer yang terdiri dari macam-macam ukuran
jaringan komputer, mulai dari jaringan lokal bersekala kecil, menengah, dan
jaringan utama.
d. Web
server
Server web
atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat
lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol
komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs
web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban
web.
e. Web
browser
merupakan sebuah program yang dapat menterjemahkan pengkodean dari HTML.
f.
Transaction
Internet
Server Transaksi memiliki kemampuan untuk menangani berbagai macam teknologi
Web untuk mengakses aplikasi SAP. Menggunakan SAP GUI antarmuka, baik Transaksi
Web dan SAP GUI untuk HTML adalah dua pilihan tersebut.
User
Generated Content
User
merupakan Pengguna. Biasanya ditujukan kepada pengguna suatu sistem yang
umumnya adalah manusia. Misalnya pengguna komputer. GC adalah singkatan yang
berarti Generate Content Pengertian UGC (user generated
content) sebenarnya cukup sederhana, yaitu konten yang dihasilkan
dari user atau penggunanya sendiri.
Blog
Blog
merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk
aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting)
pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut
terbalik.
Wikis
Wiki adalah
sebuah situs web (atau koleksi dokumen hiperteks lainnya) yang
memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. Istilah
ini juga dapat merujuk kepada software kolaboratif yang
digunakan untuk menciptakan situs web.
Social
Networks
Social
Networking merupakan sebuah bentuk layanan internet yang ditujukan sebagai
komunitas online bagi orang yang memiliki kesamaan aktivitas, ketertarikan pada
bidang tertentu, atau kesamaan latar balakang tertentu.
Floksomonies
Folksonomi adalah
suatu sistem pengklasifikasian yang diturunkan dari praktik dan metode
pembuatan dan pengelolaan tag-tag secara kolaboratif ,
Semantic Web
Summary
Merupakan
pengembangan dari “world wide web” yang memungkinkan mesin untuk memprosesnya.
Semantic web terdiri dari seperangkat desain dengan kelompok kerja kolaboratif
dan berbagai..teknologi.
Web semantik ditujukan kepada kemampuan aplikasi komputer untuk lebih memahami
bahasa manusia.
Istilah Web
Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web.
Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi
ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan
Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS
(Resources Description Framework Schema) dan OWL.
XML
(Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk keperluan umum yang
disarankan oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk membuat dokumen markup
keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam. XML merupakan
kelanjutan dari HTML (HyperText Markup Language) yang merupakan bahasa standar
untuk melacak Internet.
RDF
(Resource Description Framework) adalah standar W3C untuk mendeskripsikan Web
resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright
information dari Web page.
OWL (Web
Ontology Language) adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang
dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi
ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia.
Microformats
adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah
terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman
web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak dan
diindeks, dicari, disimpan, bertukaran-referensi, atau dikombinasi.
Microdata
adalah Spesifikasi HTML yang berbasisi WHATWG yang digunakan untuk sarang
simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu teknologi seperti mesin
pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa yang terkandung dalam
halaman web, menyediakan hasil pencarian yang lebih baik.
Definisi Web Security
Web security
Web Security
adalah tata cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung
jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut.Berbicara
mengenai masalah yang berkaitan dengan keamanan di dalam era digital tidak
lepas dari 3 prinsip utama yaitu Confidentiality, Integrity, dan Availability
atau lebih dikenal dengan nama CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan
(security) sebuah website, princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang
harus dipahami apabila ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
- Confidentiality, yaitu informasi yang berada
didalam website hanya dapat dibaca atau diakses oleh orang-orang hanya
yang diberikan aksesnya.
- Integrity, yaitu setiap data yang ada
didalam server hanya dapat diubah oleh orang yang berwenang saja.
- Availability, yaitu dimana website harus
dapat diakses oleh user yang ingin menggunakannya dan user yang dapat
mengakses itu hanya yang telah dicover oleh prinsip confidentiality.
3. PENGELOLAAN WEB
Mengelola
sebuah website bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, malah bisa menjadi sebuah
beban bagi perusahaan atau lembaga dimana aktivitas online belum menjadi
keseharian sosial-bisnisnya.
Tidak sedikit perusahaan yang harus menyewa staf atau konsultan khusus hanya
untuk mengurusi situs internet demi menjaga citra perusahaan di mata klien dan
public
Ada 3 macam
Institusi yaitu :
1. W3C (
World Wide web Consortium )
World Wide
Web Consortium (W3C) adalah suatu konsorsium yang bekerja untuk
mengembangkan standar-standar untuk World Wide Web (http://www.w3.org/).
Misi dari
W3C bertujuan untuk mendorong semua potensi penuh dari dunia web yang bisa
dikembangkan dengan menyediakan protokol2 dan panduan2 untuk menjamin
pertumbuhan jangka panjang dari web itu sendiri.
2. Internet
Engineering Task Force (IETF)
IETF (
Internet Engginering Task Force ) adalah Komunitas International jaringan
terbuka dalam perancangan jaringan,operator,vendor peneliti berkaitan dengan
evolusi arsitektur Internet dan kelancaran Internet.
Pekerjaan
teknis sebenarnya dari IETF dilakukan dalam kelompok-kelompok kerja, yang
diatur menurut topiknya ke dalam beberapa wilayah (misalnya, routing,
transportasi, keamanan, dll).Banyak pekerjaan yang ditangani melalui mailing
list.
3. Internet
Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN)
ICANN
(Internet Corporation for Assigned Names and Numbers, http://www.icann.org) adalah organisasi
nirlaba yang didirikan untuk bertanggungjawab dalam alokasi ruang alamat IP,
pemberian parameter protokol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen
sistem root server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah Amerika. ICANN
didirkan pada bulan Oktober 1998 oleh koalisi yang terdiri dari beragam
komunitas bisnis Internet, akademisi, dan pengguna.
Pemerintahan:
Hukum privasi, hukum hak cipta Copyright
Hukum
Privasi merupakan hak pemegang hak cipta yang membatasi penggandaan tidak sah
atau suatu ciptaan yang hak tersebut terbatas dan secara privasi hanya pada
suatu lingkup tertentu serta biasanya menitikberatkan pada kepentingan
perseorangan.
Hak cipta
(lambang internasional: ©, Unicode: U+00A9) adalah hak eksklusif Pencipta atau
Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau
informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin
suatu ciptaan”. Hak cipta dapat juga memungkinkan pemegang hak tersebut untuk
membatasi penggandaan tidak sah atas suatu ciptaan.
Di
Indonesia, masalah hak cipta diatur dalam Undang-undang Hak Cipta, yaitu, yang
berlaku saat ini, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002.
Prinsip dan
Serangan : Jaringan Kesetaraan (Netral), Sensor
Prinsip
dasar keamanan
Pengamanan, merupakan sebuah kata yang mutlak ketika kita mencoba
membangun sebuah website. website akan menjadi percuma ketika dibuat sangat
“molek”, namun tidak serta merta memberikan keamanan bagi admin dan
penggunanya. Dalam pengamanan dikenal dengan beberapa tingkat dan tipe. Tingkat
dan tipe yang diperlukan untuk aplikasi kita akan berbeda-beda bergantung
bagaimana aplikasi itu bekerja, tipe dan nilai data yang disimpan, jumlah
resiko yang biasa dihadapi, usaha, serta biaya yang dipakai untuk menghasilkan
aplikasi yang aman.
Serangan
pada web
Faktor-Faktor
Timbulnya Serangan :
1)
Scripting
2)
Lubang pada Situs Tetangga.
3)
Hosting yang Bermasalah
Kasus Pada
Syrian Internet Army
The Syrian
Electronic Army (SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers,
adalah kumpulan hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah
Bashar al-Assad. Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan metode
lainnya, terutama menargetkan kelompok oposisi politik dan situs barat,
termasuk organisasi berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik
Suriah adalah publik pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka
melancarkan serangan cyber pada lawan-lawannya, meskipun sifat yang tepat dari
hubungan dengan pemerintah Suriah tidak jelas.
Serangan elektronik (peretasan) terhadap web site barat dapat menjadi salah
satunya dan pembenaran untuk tindakan balasan ke pihak Suriah. Walau tidak
dapat menjadi pembenaran untuk invasi militer, tapi hal ini dapat membuka front
perang cyber secara besar-besaran, yang mungkin saja akan diakhiri oleh invasi
militer.
Hanya saja, perlu diamati dengan cermat pernyataan para pejabat anggota NATO di
media, bahwa mereka cenderung kompak. Berbeda dengan kondisi tahun 2003, dimana
struktur komando NATO terpecah, karena Perancis dan Jerman menentang invasi ke
Irak, hal itu tidak terjadi pada kasus Suriah.
Jika memang situasi semakin memanas, bukannya tidak mungkin NATO akan
memutuskan invasi militer, seperti yang terjadi pada kasus Lybia. Di sisi lain,
pihak Rusia dan China, sebagai anggota tetap dewan keamanan PBB, selalu secara
tegas menolak setiap ide pihak barat untuk melakukan invasi militer.
Hanya saja, apakah veto Rusia dan China bisa mencegah invasi, hal itu adalah
tanda tanya besar. Veto mereka terbukti tidak efektif dalam mencegah invasi
Amerika Serikat dan Inggris ke Irak pada tahun 2003.
Satu hal yang perlu dicatat, bahwa jika memang akhirnya invasi terjadi, maka
semua itu dimulai dengan perang cyber, yang sudah terjadi sejak tahun 2011.
Bagaimanapun, kita semua tidak pernah setuju akan terjadinya perang, karena
sudah pasti akan jatuh korban rakyat/sipil yang tidak berdosa. Meletakkan
senjata dan maju ke meja perundingan selalu adalah solusi yang terbaik bagi
semua pihak.
4. WEB CONTENT
Media
Dalam
produksi media dan penerbitan, konten informasi dan pengalaman dapat memberikan
nilai bagi end-user/audience dalam konteks tertentu. Konten dapat disampaikan
melalui media apapun seperti internet, televisi, dan CD audio, serta acara live
seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Konten (media) digunakan untuk
mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre informasi yang dikelola
sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk target audiens.
Standard
Standar Web
merupakan suatu keharusan, standar non-proprietary dan spesifikasi teknis
lainnya yang mendefinisikan dan menggambarkan aspek dari World Wide Web. Dalam
beberapa tahun terakhir, istilah ini telah lebih sering dikaitkan dengan
kecenderungan untuk membangun situs web, dan filosofi desain web dan
pengembangan yang meliputi metode-metode.
Standar web,
dalam arti yang lebih luas, terdiri dari:
- Recommendations published by
the World Wide Web Consortium (W3C)
- Internet standard (STD) documents published
by the Internet Engineering Task Force (IETF)
- Name and number registries
maintained by the Internet Assigned Numbers Authority (IANA)
Bahasa dalam
Web
Dalam sebuah
web kita memerlukan sebuah bahasa pemrograman.
Sekarang
kita bisa dengan mudah membuat suatu website yang geratis atau dengan membayar.
Sebenarnya apakah fungsi dari website itu sendiri? Website dapat digunakan
untuk mengeshare berbagai ilmu dan pengetahuan sehingga banyak orang dapat
mengetahuinya.
Banyak
bahasa pemrograman seperti HTML, joomla, java, bahasa C, C++, PHP, dll.
Tapi PHP
mempunyai kelebihan dari bahasa pemograman yang lainnya yang diantaranya :
- Bahasa pemrograman PHP adalah
sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam
penggunaanya.
- Web Server yang mendukung PHP
dapat ditemukan dimana – mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, nginx,
hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
- Dalam sisi pengembangan lebih
mudah, karena banyaknya milis – milis dan developer yang siap membantu
dalam pengembangan.
Keberagaman
Budaya
Kemajuan
IPTEK yang begitu pesat pada saat ini, memiliki banyak sekali pengaruk bagi
kebudayaan yaitu salah satunya Bergesernya Nilai-nilai Budaya.Bangsa kita
adalah bangsa yang besar, maksudnya Bangsa yang besar adalah bangsa yang mau
menghargai budayanya, mungkin itu adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan
begitu beragamnya budaya orang Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke.
Perubahan
dalam hidup boleh terjadi akan budaya dengan nilainya yang tak terhingga akan
tetap menjadi simbol bagi orang Indonesia dalam kehidupannya. Terbukti walaupun
kemajuan begitu pesat saat ini akan tetapi dalam setiap kesempatan tetaplah
budaya dikedepankan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan.
Pada prinsipnya setiap perkembangan dan kemajuan dalam segi apapun baik adanya,
setiap manusia menginginkan perubahan pun demikian dalam konteks kehidupan
bermasyarakat.
Dari sekian
banyak bidang ada dan berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah bidang
teknologi, yang menghadirkan perubahan dan kemajuan untuk selanjutnya digunakan
oleh manusia. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan manusia untuk
bebas memilih apa yang diinginkan.
Perkembangan teknologi seperti yang sudah tersaji diatas tentu membawa
perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia.
Model
Generatif
Secara
tradisional, objek 3D dan dunia virtual ditentukan oleh daftar geometris yang
terdahulu : kubus dan bola di bentukan CSG, NURBS patch, satu set fungsi
implisit, segitiga, atau hanya dengan sebuah titik.
Istilah
‘generatif model’ menjelaskan perubahan paradigma dalam deskripsi bentuk,
generalisasi dari objek yang dioperasikan : sebuah bentuk digambarkan oleh
urutan langkah-langkah pengolahan, bukan hanya hasil akhir dari penerapan
operasi
Contoh
Generative Model :
Rhetorical
Web
Rhetorical
Web adalah fitur yang signifikan dari WWW , bahwa hiperlink bisa
mengoperasikan secara semantik dan navigational . Di sisi lain , tautan (link)
menyarankan asosiasi yang berarti antara halaman web dan isi dari halaman web ,
dan bisa memfasilitasi ciptaan tropis (tropic creation) yang berguna .
Web
Annotations
- Tagging
Tagging
adalah kata yang belum lama dilahirkan. Dahulu sebelum ada tagging, dunia
informasi yang ada di internet berserakan dan tidak tersusun berdasarkan
kategorinya.
Google pun
diam-diam sudah memasukkan sistem tag, semacam fitur bookmark ke dalam my
Search History, hal ini memungkinkan Anda melakukan tagging dan menaruh
komentar ke setiap situs web yang Anda kunjungi.
2. Metadata
Metadata
adalah informasi terstruktur yang mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau
setidaknya membuat menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali,
digunakan, atau dikelola.
3. Rich Snippet
Rich snippet
adalah tampilan hasil pencarian yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik.
Rich snippet sama sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna
Google untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich
snippet ini membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda sehingga
bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
Sumber :
0 comments:
Post a Comment